Pelatihan Desa Wisata Kabupaten Pekalongan

10-12-2018 09:32:38

IMG-20181209-WA0006

IMG-20181208-WA0003

Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan terus berupaya, memperhatikan dan menggali serta menggenjot potensi-potensi wisata lain yang berbentuk obyek wisata sebagai embrio daya tarik destinasi wisata lain yaitu wisata desa/desa wisata. Desa wisata sendiri merupakan bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Bentuk-bentuk one day trip yang dilakukan oleh wisatawan, kegiatan-kegiatan meliputi makan dan berkegiatan bersama penduduk dan kemudian wisatawan dapat kembali ke tempat akomodasinya merupakan kegiatan yang diinginkan oleh wisatawan.

Kabupaten Pekalongan memiliki banyak wisata alam eksotis dan ternyata banyak potensi desa-desa yang memiliki kekhasan, baik budaya, kuliner, sosial masyarakat, maupun pemandangan alamnya yang menakjubkan. Sehingga desa punya kekhasan tersebut dan telah dikunjungi wisatawan dan berhasil menciptakan iklim pariwisata di dalam atau sekitarnya sebagai desa wisata yang sekarang ini sedang tumbuh dan mulai berkembang di Kabupaten Pekalongan.

Model desa wisata biasanya kita sebut wisata pedesaan. Mereka tidak live in dan hanya sekedar berkeliling dan melakukan aktivitas sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Agar menjadi daya tarik wisata yang berkelanjutan maka perlu dilakukan analisis kelayakan desa wisata mengingat semangat masyarakat  dan potensi daya tarik wisata saja tidak cukup saat ini. Perlu digarap secara serius pengembangan desa wisata maka dari itu harus disusun analisis kelayakan daya tarik wisata, identifikasi potensi dan daya tarik wisata, Analisis lingkungan eksternal dan internal, strategi pengembangan community based tourism, penyusunan strategi pengembangan desa wisata.

Dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Desa Wisata ini sebagai wujud pengembangan desa wisata secara serius oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan yang diharapkan nantinya desa memiliki paket-paket wisata yang menghubungkan antar daya tarik wisata dan daya tarik desa tersebut sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat desa melalui pemanfaatan potensi masing-masing desa yang ada. Narasumber dalam pelatihan desa wisata ini adalah Bapak Aris Widiyanto dari Forum Komunikasi Desa Wisata Jawa Tengah. Peserta dalam pelatihan desa wisata ini terdiri dari 5 desa di Kabupaten Pekalongan yaitu Tlogopakis, Kayupuring, Lemah Abang, Lolong, dan Kasimpar. Kelima desa tersebut diharapkan menjadi pioner dan nantinya menjadi percontohan untuk desa wisata lainnya di Kabupaten Pekalongan.